Thursday, February 28, 2013

Macam - macam Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Sedangkan Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing masing topologi berdasarkan karakteristiknya masing topologi berdasarkan karakteristiknya. Berikut ini adalah macam - macam topologi dari jaringan tersebut:
a. Topologi bus 
    Topologi Bus tersusun mirip susunan bangku penumpang di dalam bus. Node terkoneksi dengan susunan berdampingan di sisi jalur utama jaringan. Sinyal ataupun data yang dikirim ke node akan tersebar ke seluruh node dalam jaringan tersebut hingga ada node yang meresponsnya. Node yang memberikan respons yang berperan sebagai node tujuan sinyal. Jika salah satu node jaringan bus mati, jaringan tetap berfungsi dengan normal.
b. Topologi Ring
    Topologi ring memiliki karakteristik berupa jaringan pada tiap node terhubung dengan bentuk lingkaran. Beberapa komputer dihubungkan sebuah kabel penghubung. Kedua ujung kabel saling bertemu dengan membentuk lingkaran tertutup. setiap node dalam jaringan memiliki tingkatan sama. Pada jaringan topologi ring, sinyal akan berpindah secara berurutan dari satu node ke node yang lain. jika salah satu node mati, jaringan tidak akan berfungsi. selain itu, arus sinyal akan berhenti karena sinyal atau data hanya berpindah dalam satu jalur.
c. Topologi Star
    Jaringan topologi star akan membentuk jaringan yang dikendalikan secara terpusat. Pusat kendali biasa dikenal dengan istilah server. node yang terkoneksi lainnya disebut client. semua data atau sinyal yang dikirimkan client harus melewati server sebelum disalurkan ke client atau node tujuan.
    server berperan penting kaitannya sebagai pusat kendali. jaringan star dapat berfungsi pada saat server menyala.

No comments:

Post a Comment